Search This Blog

Saturday, July 27, 2013

Menciptakan dokter 24 jam

Berdasarkan teori di dalam pelatihan ini, bahwa energi tersebut mengalir melalui 2 (dua) meridien yaitu Meridien Ren yang ada di bagian depan tubuh kita dan Meridien Du yang berada di bagian belakang tubuh kita (lihat gambar). Meridien Ren berawal dari ujung lidah kita tegak lurus terus kebawah keluar di bawah dagu kita pas diantara dagu dan leher kita, terus ke bawah melewati dada kita, ulu hati kita, pusar kita, ke bawah pusar, melewati kemaluan kita (maaf) dan berakhir sampai dengan dibawah kemaluan (di antara maaf : kemaluan dan dubur).





Ke dua meridian tersebut mulai terputus pada saat kita berusia sekitar 3 tahun (catatan : setiap orang dapat berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak faktor). Efek yang ditimbulkan setiap orang juga berbeda-beda ini nanti dapat dirasakan pada saat kita sudah mulai menjalani pelatihan.

Pada saat kita masih di dalam kandungan, kedua Meridien tersebut tersambung (antara meridien Ren dan meridien Du). Coba kita perhatikan pada anak kecil terutama dibawah umur 2 tahun, dalam kondisi tidur lidahnya selalu di tempel ke langit-langit atas dan kalau kita perhatikan juga tangannya (jari-jarinya) selalu mengepal (ibu jari selalu di dalam genggaman). Sebenarnya itu adalah kebiasaan dia selama di dalam kandungan dalam kondisi mengalirkan energi. Dalam kondisi tersebut energi mengalir terus di dalam tubuhnya tanpa henti.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk membuka kembali (menyambungkan kembali) jalur energi (yang terputus) yaitu antara Meridien Ren dan Meridien Du didalam tubuh kita tersebut agar sirkulasi Qi di dalam tubuh kita menjadi lancar, sehingga akan tercipta dokter selama 24 jam di dalam tubuh kita sendiri. Mungkin anda akan bertanya-tanya, memang selama ini kita sudah terputus ? Kok begini... kok begitu... dan seterusnya. Nanti akan kita bahas pada pembahasan kita dibelakang.

Atau dengan kata lain, untuk mengembalikan kembali posisi tubuh kita seperti kondisi semula (seperti pada saat kita masih dalam kandungan (pre natal), kondisi seperti pada saat kita masih bayi agar tercapai keseimbangan di dalam tubuh kita.

Tubuh kita ini sebenarnya dapat diibaratkan seperti Alam semesta yang kecil, di dalamnya terjadi suatu siklus yang sangat rumit, yang saling sambung-menyambung tanpa kita sadari. Sehingga untuk menjadi sehat, kita harus seimbangkan siklusnya.

“Qi hanya mengalir melalui lajur tertentu di dalam tubuh kita yang disebut dengan meridien, mengiringi proses pergerakan pernapasan dan mengalir satu arah dan membentuk : Sirkulasi Makro dan Sirkulasi Mikro”. Meridien ini letaknya ada dibawah kulit kita akan tetapi di atas daging kita.

Perbedaan Sisi Pandang Antara Ilmu Kedokteran China dan Barat :
Kedokteran Barat (Amerika) X Kedokteran Timur (China)
Kedokteran Barat (Amerika khususnya) : lebih menitik beratkan pada masalah atau sakit yang diderita dengan memberikan obat (penangkalnya) agar sakit tersebut tersembuhkan hilang hilang.

Kedokteran Timur (Cina khususnya) :
Lebih melihat pada fungsi tubuh atau sumber dari penyakit yang ditimbulkan sehingga penyakit yang ditimbulkan dapat teratasi secara tuntas (sampai ke akar-akarnya).
Terima kasih.

Wasalamu'allaikum WrWb.

6 comments:

  1. terimakasih atas tulisan/blog nya, Saya Alan Hakim sedang mengikuti pelatihan Zhen Qi dibawah instruktur Pak Nico Martin, mohon ijin mengutip bbrp bagian dari tulisan bapak untuk catatan pribadi

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Bapak, silahkan. Semoga ulasan ini bermanfaat seperti yang sudah saya alami sendiri. Jika ada hal-hal yang berkaitan dengan meditasi ini dan mungkin belum jelas dapat mengirimkan pertanyaan kepada saya langsung tanpa dipungut biaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam Pak Sigit, salam kenal....sy lagi baca soal Zhen Qi ini, mudah2an Blog ini masih aktif jadi bisa tanya2...Tks

      Delete
  3. Dimana saya bisa mengikuti pelatihan pak Niko untuk saat ini? Mohon bagi yg mengetahui tempat pelatihan pak Niko untuk memberikan informasi nya

    ReplyDelete
  4. Dimana saya bisa mengikuti pelatihan pak Niko untuk saat ini? Mohon bagi yg mengetahui tempat pelatihan pak Niko untuk memberikan informasi nya

    ReplyDelete
  5. Mohon petunjuk nya. Trimakasih

    ReplyDelete